“Contoh perusahaan yang menggunakan strategi bisnis”
Strategi
Biaya Rendah menekankan pada upaya memproduksi produk standar dengan biaya per unit yang sangat rendah. Produk ini
biasanya ditujukan kepada konsumen yang relatif mudah terpengaruh oleh
pergeseran harga atau menggunakan harga sebagai faktor penentu keputusan. Dari
sisi perilaku pelanggan, strategi jenis ini amat sesuai dengan kebutuhan
pelanggan yang termasuk dalam kategori perilaku, ketika konsumen tidak terlalu
peduli terhadap perbedaan merk, relatif tidak membutuhkan perbedaan produk,
atau jika terdapat sejumlah besar konsumen memiliki kekuatan tawar - menawar
yang signifikan.
Untuk dapat menjalankan strategi biaya rendah, sebuah perusahaan harus
mampu memenuhi syarat di dua bidang, yaitu : Sumber daya (resources) dan
Organisasi. Strategi ini hanya mungkin dijalankan jika dimiliki beberapa
keunggulan di bidang sumber daya perusahaan, seperti kuat akan modal, terampil
pada rekayasa proses (process engineering), pengawasan yang ketat, mudah
diproduksi, serta biaya distribusi dan promosi rendah. Sedangkan dari bidang
Organisasi, perusahaan harus memiliki kemampuan mengendalikan biaya dengan
ketat, informasi pengendalian yang baik dan insentif berdasarkan
target. Berusaha untuk menjadi produsen berbiaya rendah dalam industri
bisa sangat efektif ketika pasar dibangun dari banyak pembeli yang peka
terhadap harga, ketika ada sejumlah cara untuk mencapai diferensiasi produk,
ketika para pembeli tidak terlalu memusingkan perbedaan dari merek yang satu ke
merek yang lain, atau ketika terdapat sejumlah besar pembeli dengan daya tawar
yang signifikan. Gagasan pokoknya adalah menjual dengan harga yang lebih rendah
dari pesaing dan dengan demikian menguasai pangsa pasar dan penjualan, yang
sepenuhnya mendepak pesaing keluar dari pasar. Perusahaan yang menggunakan
strategi kepemimpinan biaya rendah atau nilai terbaik harus meraih keunggulan
kompetitif dengan cara-cara yang sulit ditiru atau disamai oleh pesaing. Jika
pesaing dapat dengan relatif mudah atau tidak mahal meniru metode kepemimpinan
biaya sang pemimpin, keunggulan pemimpin tersebut tidak akan bertahan cukup
lama untuk memberikan hasil yang besar di pasar. Untuk menjalankan strategi
kepemimpinan biaya secara berhasil, sebuah perusahaan harus memastikan bahwa
total biaya diseluruh rantai nilainya lebih rendah dari total biaya pesaing.
Terdapat dua cara untuk mencapai hal tersebut, antara lain:
1. Menjalankan aktivitas-aktivitas
rantai nilai secara lebih efektif daripada pesaing dan mengontrol berbagai
faktor yang mungkin mendongkrak biaya aktivitas rantai nilai.
2. Memperbarui keseluruhan rantai
nilai perusahaan untuk mengeliminasi atau memangkas aktivitas-aktivitas yang
menambah biaya.
Diferensiasi dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, antara lain:
· Diferensiasi
produk
· Diferensiasi
system penyerahan / penyampaian produk
· Diferensiasi
dalam pendekatan pemasaran
· Diferensiasi
dalam peralatan dan konstruksi
· Diferensiasi dalam
citra produk
Strategi ini mendorong perusahaan untuk sanggup menemukan keunikan
tersendiri dalam pasar yang jadi sasarannya. Keunikan produk yang dikedepankan
ini mungkin suatu perusahaan untuk menarik minat sebesar – besarnya dari
konsumen potensialnya. Cara pembedaan produk bervariasi dari pasar ke pasar,
tetapi berkaitan dengan sifat dan atribusi fisik suatu produk atau pengalaman
kepuasan yang didapat oleh konsumen dari produk tersebut. Berbagai kemudahan
pemeliharaan, fitur tambahan, fleksibilitas, kenyamanan dan berbagai hal
lainnya yang sulit ditiru lawan merupakan sedikit contoh dari diferensiasi.
Strategi jenis ini biasa ditujukan kepada para konsumen potensial yang relatif
tidak mengutamakan harga dalam pengambilan keputusannya.
Perlu diperhatikan bahwa terdapat berbagai tingkatan diferensiasi.
Diferensiasi tidak memberikan jaminan terhadap keunggulan kompetitif, terutama
jika produk – produk standar telah relatif memenuhi kebutuhan konsumen atau
jika competitor dapat melakukan peniruan dengan cepat. Contoh penggunaan
strategi ini tepatnya adalah pada produk barang yang bersifat tahan lama dan
sulit ditiru oleh pesaing.
Strategi fokus digunakan untuk membangun keunggulan
bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini
ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan
dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh
harga. Dalam pelaksanaannya – terutama pada perusahaan skala menengah dan besar
–, strategi fokus diintegrasikan dengan salah satu dari dua strategi generik
lainnya: strategi biaya rendah atau strategi pembedaan karakteristik produk.
Strategi ini biasa digunakan oleh pemasok “niche market” (segmen khusus/khas
dalam suatu pasar tertentu; disebut pula sebagai ceruk pasar) untuk memenuhi
kebutuhan suatu produk — barang dan jasa — khusus.
Syarat bagi penerapan strategi ini adalah adanya
besaran pasar yang cukup (market size), terdapat potensi pertumbuhan yang baik,
dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing dalam rangka mencapai
keberhasilannya (pesaing tidak tertarik untuk bergerak pada ceruk tersebut).
Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu
kekhasan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing. Biasanya
perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu
kelompok pasar tertentu (niche market), wilayah geografis tertentu, atau produk
barang atau jasa tertentu dengan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen secara
baik,excellent delivery. (Porter, 1980 dan 1985).
CONTOH:
PT Citilink Indonesia yang merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia yang
disiapkan bersaing dengan maskapai penerbangan lain di kelas penerbangan murah
atau low cost carrier. Pangsa pasar penerbangan murah di Indonesia memang cukup
potensial sejalan dengan meningkatnya kelompok masyarakat kelas menengah yang
mulai melirik moda transportasi udara sebagai pilihan untuk berpergian. Untuk
dapat menekan biaya dan bersaing dengan maskapai penerbangan lain, PT Citilink
Indonesia menerapkan strategi berikut : tidak ada pelayanan gratis (untuk
pelayanan seperti asuransi, pembelian tiket, pemilihan tempat duduk, serta
fasilitas bagasi Citilink membebankan biaya tambahan yang bervariasi per
penumpang); jaringan atau rute penerbangan jarak pendek (Citilink memilih rute
penerbangan jarak pendek yang mempunyai durasi penerbangan tidak lebih dari 3
jam agar dapat menghemat biaya); fasilitas yang standar (salah satu strategi
menghemat biaya operasional penerbangan adalah fasilitas yang sederhana);
sistem operasional sederhana (Citilink berencana akan menggunakan pesawat
baling baling atau propheler dalam menjalankan usahanya, hal ini dilakukan
karena Citilink hanya melayani rute penerbangan jarak pendek); penghematan
distribusi dan strategi promosi (promosi dilakukan dengan penjualan tiket murah
yang bisa menarik perhatian calon penumpang, Citilink juga bekerjasama dengan
perbankan dalam penyediaan layanan tiket agar Citilink tidak perlu mengeluarkan
biaya distribusi penjualan tiket).
Foremost merupakan produsen sepatu asal bandung di setiap produk
sepatunya mereka memberikan identitas tersendiri yakni alasnya yang bermotif
peta Indonesia hal ini merupakan salah satu cirri yang membedakan foremost
dengan produsen sepatu lainnya. Foremost juga menjual setiap disain sepaatunya
dalam jumlah yang terbatas, sehingga menciptakan kesan eksklusif bagi
pelanggannya. Setiap sepatu yang dibuat juga menggunakan bahan kulit pilihan
dan menggunakan metode hand made. Walaupun harga yang ditawarkan foremost tidak
lah murah namun penjualan produk mereka tidak pernah menurun sebab mereka dapat
memenuhi kebutuhan unik para konsumennya.
a. Fokus Biaya
Toko perlengkapan muslim Umi yang ada di purwokerto menawarkan beraneka
macam kebutuhan muslim khususnya muslimah. toko ini menyediakan berbagai macam
kerudung,baju muslim,dan aksesoris-aksesoris. harga yang ditawarkan sangan
murah dibandingkan dengan toko srupa lainnya yang ada di purwokerto. Hl ini
dikarenakan toko umi telah memiliki tempat pasokan barang yang murah dan
berkualitas tinggi.
usahanya pun berkembang pesat dengan terbukanya 2 cabang lainnya yang salah satunya ada di purbalingga.
usahanya pun berkembang pesat dengan terbukanya 2 cabang lainnya yang salah satunya ada di purbalingga.
b. Fokus Differensiasi
Strategi ini dilakukan oleh PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) dengan mengeluarkan
motor matic wanita dengan teknologi injeksi. Di tengah persaingan motor matic
wanita yang semakin ketat, PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) menerapkan teknologi
injeksi pada sepeda motornya. PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) mengeluarkan Honda
Vario PGM-FI yang diklaim memiliki akselerasi yang lebih cepat, hemat bahan
bakar dan ramah lingkungan. Meskipun untuk memperolehnya konsumen harus
membayar dengan harga yang lebih mahal, motor dengan teknologi injeksi ini
tetap laku di pasaran. Selain hemat bahan bakar, sepeda motor ini juga
dilengkapi dengan bagasi yang super besar dan mampu menampung sebuah helm.
SITUS KAMI: WWW . GARNETQQ . COM
ReplyDeleteBONUS SETIAP HARI :0.5% TO SETIAP HARI JAM 12 PEMBAGIAN BONUS NYA+referall 20% setiap udang teman bermain tambah 20%+++
-CARA MASUK WEB
KE WWW . SMSQQ . COM LALU MASUK DALAM PERMAIN
ATAU
LINK ALTERNATIVE ; garnetqq.com
silahkan di coba bosq :)
-CARA DAFTAR NEW MEMBER;
Nama :
No Telp :
Nama Bank :
Nama Rekening :
Nomor Rekening :
Email :
User Name :
Password :
-CONTOH DAFTAR
NAMA :SANTI WINATA
NO TLEPON : +85577773548
NAMA BANK : SANTI WINATA
NAMA REKENING: SANTI WINATA
NO REKENING : 123 456 777 912
EMAIL :SANTI WINATA888@GMAIL.COM
USER NAME :SANTI WINATA45
PASSWORD :12314aaaa
-CARA DAFTAR CONTOH ;
NAMA; ASLINYA
NO TLP YG ASLI
NAMA BANK BLM DAFTAR PERMAINAN KITA;
NAMA REKENING YG BENAR DI BUKU BANK YG BELUM DAFTAR PERMAINAN KAMI
NOMOR REKENING YG BELUM DAFTAR PERMAINAN KAMI
EMAIL LENGKAP DAN YG BELUM PERNAH DI DAFTARKAN PERMAINAN KAMI
USER NAME YG BENAR DAFTAR WARNA HIJAU
PASWORD HARUS BENAR
CHAND PASWORD PASWORD HARUS SAMA
-CONTOH KESALAHAN MEMBER SUSAH DAFTAR ;
1.SEASON EXPAYER=DAFTAR HARUS CEPAT
2. KODE VALIDASI=KODE SALAH NOMOR ULANG KEMBALI , KETIKNYA RESET KEMBALI
MASUK KODENYA
3. REKENING SUDAH TERDAFTAR=CARA DAFTAR REKING YG BELUM DAFTAR PERMAIN
SITUS KAMI
-CARA DEPO/STOR DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN ATAS KIRI NAMANYA
STOR DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS MAU KALAU BISA NO MINAL UNIK YAH BOSKU
CONTOHNYA : 50123 ISI FORM NYA 50123 JUGA YAH BOSKU BIAR BANK ERROR BIAR
CEPET DI PROSES YAH BOSKU PAKE NOMINAL UNIK SEPERTI ITU YAH BOSKU^^
KALAU BANK ADA GANGGUAN MINTA BUKTI TRASFER BIAR CEPAT DI PROSES DEPO
MASUK YA BOSKU^^
-CARA WD /TARIK DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN ATAS KANAN NAMANYA
TARIK DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS MAU DI TARIK CONTOHNYA : DANA YANG DI TARIK
JADWAL BANK OFF LINE;
MANDIRI ; SENIN -JUMAT ; 22.45-04.00 WIB
SABTU ;23.00-06.00 WIB
MINGGU ;23.00-05.00 WIB
DANAMON; SENIN-MINGGU TIDAK ADA OFFLINE
BRI ; SENIN- MINGGU 22.20-04.30 WIB
BNI ; SENIN- MINGGU TIDAK ADA OFFLINE
BCA ; SENIN-JUMAT ; 21.00-01.00 WIB
SABTU ; 22.00-23.15 WIB
- CARA REFERAL ;
silahkan bosq login terlebih dahulu di akun nya bosq yha ..
setelah itu bosq bisa klik menu Referensi yang ada di dalam akun nya bosq yah ..
Lalu jika sudah di Klik akan muncul Kode Refferal Anda ( Silahkan bosq isi sesuai dan
seunik mungkin untuk nama refferal nya yha bosq )
permainan
~Sakong Online (New Game)
~Bandar Poker
~BandarQ
~Poker
~Domino
~Capsa Online
~AduQ
-bacarat
Membantu sekali...
ReplyDeletenama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.
ReplyDeleteterimakasih infonya..
ReplyDelete